Apa Yang Diharapkan dari iOS dan iPhone 5?

Posted: Maret 28, 2011 in APPLE

Dengan hadirnya iPad 2 dan pasokan terbatas dari perangkat tersebut,  perhatian kita telah bergeser pada rumor yang mengatakan tentang apa yang bisa kita harapkan dari iOS dan iPhone 5 baru yang ditawarkan oleh Apple?

Sementara rumor terbaru muncul yang mengatakan bahwa iPhone 5 direncanakan akan muncul ke pasaran pada musim panas tahun ini dan beberapa rumor lain juga mengatakan bahwa iOS akan hadir juga pada musim gugur tahun ini.

Beberapa “sumber solid” telah memberikan informasi kepada TechCrunch bahwa Apple kemungkinan akan menampilkan pola dari penyingkapan fitur-fitur terbaru untuk iOS yang diatur untuk bergerak dari peningkatan OS 4.x ke versi 5.

Ini akan berarti bahwa alih-alih mendapatkan iPhone 5 baru pada musim panas tahun ini bersama dengan OS yang lebih baru, “sebuah perubahan mayor” dari iOS bahkan akan diperkenalkan secara terpisah di musim gugur (baca: tertunda), mungkin pada bulan September.

iOS 5 terkait dengan layanan Cloud
Sumber dari situs TechCrunch mungkin benar, bahwa apa yang akan ditawarkan dari iOS 5 kemugkinan besar akan lebih berorientasi dengan layanan komputasi awan (Cloud) dengan beberapa layanan baru yang akan di integrasikan pada perangkat iPhone dan iPad.

Salah satunya adalah dikatakan sebagai loker layanan musik, pada dasarnya cara menyimpan dan mengakses semua musik Anda (yang dibeli dari iTunes) secara nirkabel tanpa perlu sinkronisasi dengan sebuah komputer utama (seperti kasus saat ini).

Selain layanan Cloud computing diharapkan juga akan muncul layanan berbasis lokasi yang memungkinkan pengguna untuk menemukan teman-teman dan anggota keluarga. Dan seperti yang telah disebutkan oleh Steve Jobs sebelumnya bahwa layanan Apple MobileMe mungkin akan diberikan secara gratis (saat ini memiliki biaya $ 99 per tahun), yang akan diberikan pada setiap pengguna iDevice untuk dapat mengakses secara gratis ke layanan awan Apple e-mail, kalender, dan layanan penyimpanan.

Apa yang baru di iPhone 5 ?
Rincian tentang iPhone 5 diharapkan akan muncul pada bulan Juni atau Juli ini, rumornya ponsel iPhone generasi terbaru ini akan menggunakan iOS 5 juga. Tetapi jika iPad 2 telah menjadi sebuah indikasi dari apa yang akan ada pada iPhone 5, bisa jadi bahwa pada iPhone 5 akan terdapat beberapa hardware yang sama dengan iPad 2 seperti prosesor dual-core A5 serta mesin grafis ditingkatkan dan seperti rumor yang sering kita dengar mengenai iPhone 5 bahwa kemungkinan akan memiliki body dari alumunium dan bagian pinggiran yang sedikit meruncing.

iPhone 5 mungkin akan memiliki layar lebih besar (4-inci) dan fitur Near Field Communication (NFC) yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkan pembayaran melalui iTunes ketika mendekatkan ponselmereka dengan pembaca NFC khusus yang tersedia.

Sekarang Verizon telah menjual iPhone juga dan beberapa orang mengatakan bahwa iPhone 5 bisa menjadi perangkat dengan dua sistem jaringan GSM dan CDMA, sehingga lebih mudah (dan mungkin lebih murah) untuk memproduksi hanya satu model iPhone yang dapat menangani hampir seluruh jaringan di dunia.

Sumber: PCW

Tinggalkan komentar